Tutorial cara mengunakan HDRI Pada Vray SketchUp

tutorial cara setingan menggunakan hdri pada vray sketchup

Setelah beberapa saat lalu saya memberikan link untuk mendownload hdri kali ini akan saya berikan cara untuk memakainya.Tetapi pertama-tama anda harus menginstal Vray untuk sketchup anda.
Sedikit info tentang HDRI, HDRI merupakan singkatan dari High-dynamic-range imaging intinya HDRI ini memiliki jangkauan gelap terang lebih baik dari gambar biasa karena proses pembuatannya dengancara pengambilan banyak foto pada tingkat pencahayaan berbeda. tetapi disini kita hanya belajar cara menggunakannya, untuk cara membuat hadri anda bisa google sendiri.
  •  Langkah  pertama setelah menginstal V-Ray, klik pada option lalu akan mencul window seperti dibawah.
tutorial cara setingan menggunakan hdri pada vray sketchup
  • Selanjutnya klik pada environment, sekedar info enveronment ini artinya lingkungan. Yang kita ubah pada bagian ini adalah GI dan background. HDRI sendiri bisa digunakan untuk GI dan Backgound. GI disini maksudnya pencahayaan pada scane kita, setingan defaultnya adalah cahaya matahari. jika kita menggantinya dengan HDRI maka pencahayaannya akan sesua dengan gambar HDRI kita, hal ini sangat membantu terutama saat membuat scane malam karena jika hanya mengandalkan pencahayaan default sketchup maka hasilnya tidak akan terlihat alami. Background disini mengatur background pada hasil render kita, pada setingan default hasilnya hanya warna biru langit, jika anda ubah maka hasilnya akan seperti gambar HDRI tersebut. Jika anda ingin mengubah backgroundnya di phothosop anda tidakperlu memasukan HDRI pada background cukup pada GI saja.
tutorial cara setingan menggunakan hdri pada vray sketchup
  • Pertama klik pada tombol M, lalu akan muncul window seperti dibawah. Pada A pilih map yang kita gunakan yaitu TexBitmap. kemudian pada B pilih fili HDRI anda.
tutorial cara setingan menggunakan hdri pada vray sketchup
tutorial cara setingan menggunakan hdri pada vray sketchup
  • Selanjutnya pada C pilih UVWGenEnvironment.

tutorial cara setingan menggunakan hdri pada vray sketchup 
  •  Setelah anda seting pada GI dan Background hasilnya akan seperti dibawah. jika Scane anda terlihat gelap anda bisa menambah multipliernya yaitu angka disamping GI dan Bacground pada tahap 1. atau anda juga bisa mengecilkan Shutter Speed pada Camera.
tutorial cara setingan menggunakan hdri pada vray sketchup

Demikian tutorial penggunaan HDRI pada Vray sketchup kali ini. untuk setinggan renderan lainnya nantikan pada tutorial berikutnya.

Untuk mendownload HDRI anda bisa melihatnya di Download HDRI untuk SketchUp.
Baca selengkapnya

Download Plugin Sketchup


Download cara memasang plugin sketchup gratis free

Saat menggunakan sketchup sering kali sketchup memiliki keterbatasan untuk membuat model tertentu, hal ini bisa di atasi dengan memasang plugin. Tetapi jauh lebih baik jika anda bisa menggunakan tool yang ada pada sketchup secara maksimal. Karena cukup dengan tool yang sudah ada anda juga bisa membuat model-model yang cukup rumit.
Berikut saya berikan link untuk mendownload plugin yang saya kumpulkan dari berbagai sumber :


download plugin sketchup  

SketchUp 8
SketchUp 2013

SketchUp 2014




PASSWORD : sekecap   


Untuk cara menginstal anda bisa membacanya di Cara Menginstal Plugin Pada Sketchup
Untuk mendownload plugin yang lain anda juga bisa mengunjungi :
Baca selengkapnya

Tutorial membuat lisplank dan bubungan atap

Setelah membuat atap pada tutorial sebelumnya kali ini kita melanjutkan membuat lisplank dan bubungan. Tutorial kali ini kita menggunakan tool diantaranya Folloe me, dan Move.



1. Lisplank
Untuk membuat medel 3d lisplank yang anda butuhkan adalah potongan listplank. biasanya menggunakan papan berukuran 3x20.

membuat lisplank pada sketchup

  • Pertama tempatkan lisplank seperti di gambar. Untuk merotate dengan mudah anda bisa melakukannya dengan cara menhana tombol SHIFT. untuk penempatan listplank kira-kira 5cm dari pinggir atap.
membuat lisplank pada sketchup
membuat lisplank pada sketchup
  • Untuk membuat listplank pertama klik bidang atap agian bawah kemudian pilih tool follow me lalu klik potongan lisplank.
membuat lisplank pada sketchup dan cara menghapus halus
  • Sedikit tambahan, untuk menghilangkn garis pada bidang lengkung anda bisa melakukannya dengan cara ERASE+Ctrl. Untuk melihat garis yang tidak terlihat anda bisa melakukannya dengan cara Shift+G
2. Bubungan
Untuk memasang bubungan pertama anda harus membuatnya terlebih dulu, atau anda bisa mendownload model 3Dnya disini.
  • Setelah anda membuat bubungan, putar bubungan 45° seperti gambar dibawah.
tutorial cara membuat bubungan pada sketchup 
  • Selanjutnya pindahkan bubungan ke ujung atap, lalu putar sampai ada tulisan Parallel to Edge.
tutorial cara membuat bubungan pada sketchup
  • Langkah selanjutnya mengcopy bubungan dengan jarak tertentu. caranya klilk bubungan lalu tekan M untuk move tool lalu klik pada garis atap yang miring lalu gerakkan mouse mengikuti garis tersebut dan tulis jaraknya. Pada model ini jarak yang saya tulis adalah 24cm. Untuk mengcopy tulis X atau * lalu tuliskan jumlah yang akan dicopy. jumlahnya tinggal dikira-kira saja. Setelah jadi gambarnya akan seperti di bawah.
tutorial cara membuat bubungan pada sketchup

tutorial cara membuat bubungan pada sketchup
  •  Berikutnya tinggal melakukan pada pojok-pojok atap lainnya.
tutorial cara membuat bubungan pada sketchup
tutorial cara membuat bubungan pada sketchup
Demikian tutorial membuat lisplank dan bubungan atap kali ini. jika anda memiliki peratanyan langsung saja berkomentar di bawah.
Baca selengkapnya

Penggunaan Drawing Tool Pada SketchUp

Sebelum belajar totorial SketchUp ada baiknya kita mengetahui mengenai tool yang ada dan cara menggunakannya. Disini akan dijelaskan mengenai Drawing Tool, drawing tool berisi tool yang digunakan untuk menggambar seperti Line Tool, Circle Tool, Arc Tool, Rectangel Tool, Polygon Tool, dan Freehand Tool.
1. Line Tool

Line Tool berfungsi untuk cara membuat garis. 
Cara menggambar garis:
  1. Klik Line Tool atau tekan shortcut "L"  kemudian kursor Akan berubah menjadi pensil  Alat baris.
  2. Klik di suatu tempat untuk memulai menggambar kemudian klik ditempat berikutnya untuk membuat garis. Untuk membuat garis dengan ukuran cukup tuliskan ukuran yang inginkan kemudian tekan enter .
  3. Untuk mengakhiri tekan esc , atau spasi untuk kembali select tool.  
Tips

1. Cara membuat garis Biaya Dibayar di Muka 

Kita bisa menggambar mengikuti sumbu atau axis hal ini berguna saat menggambar garis horizontal atau vertikal. 
  • Untuk menggambar mengikuti Red Axis tekan panah Ke kanan .
  • Untuk menggambar mengikuti  Hijau Axis  tekan panah Ke kiri .
  • Untuk menggambar mengikuti  Biru Axis  tekan panah Ke Atas .
2. Cara membuat garis sejajar 
Untuk cara membuat garis yang sejajar klik titik awal  kemudian Gerakan kursor ke garis sebelumnya hingga muncul garis berwarna ungu dan  tulisan Paralel to Edge.
3. Membagi garis
Untuk membagi garis kita bisa melakukannya degan cara menggambar garis Yang memotong garis tersebut. Jika ingin membagi garis sama rata kita bisa melakukannya dengan cara mengklik garis tersebut kemudian klik kanan kemudian pilih Divide, tulis berapa segmen yang ingin dibuat kemudian tekan enter..
2. Circle Tool

Circle Tool  berfungsi untuk cara membuat Lingkaran. 


Cara menggambar busur:


  1. Klik  Circle Tool   atau tekan shortcut  "C  Maka kursor berubah menjadi pensil dengan lingkaran.
  2. Sebelum memulai kita bisa menulis berapa side / sisi Lingkaran yang kita buat (semakin banyak maka lingkaran akan semakin halus, jumlah standarnya adalah 24) caranya tinggal tuliskan saja lalu tekan enter.
  3. Klik titik pusat, kemudian pindahkan kursor untuk menentukan jari-jari (jari-jari akan ditampilkan secara dinamis di measuraments  toolbar yang terdapat di   pojok kanan bawah. Kita juga dapat menentukan jari-jari secara langsung dengan menuliskan jari-jari yang kita inginkan lalu tekan enter.
3. Arc Tool

Arc Tool berfungsi untuk membuat busur. Tool ini terdiri dari 3 Bagian yaitu: titik pusat, Titik akhir dan jarak tonjolan. 

Cara menggambar busur:

  1. Klik  Arc Tool Arc Alat   atau tekan shortcut  " A "  Maka kursor berubah menjadi pensil dengan busur.
  2. Sebelum memulai kita bisa menulis berapa side / sisi busur yang kita buat (semakin banyak maka busur akan semakin halus, jumlah standarnya adalah 12) caranya tinggal tuliskan Saja.
  3. Klik titik pusat, kemudian tentukan titik akhir dengan mengklik di tempat yang kita inginkan atau menuliskan jaraknya (diameter).
  4. Tentukan kelengkungan Besar, untuk cara membuat busur setengah Lingkaran CUKUP gerakkan kursor nama dan Kembali Wire color Kawat warna ADA tulisan  setengah lingkaran .
Tips
  • Untuk mengedit busur yang telah dibuat kita bisa menggunakan perintah move Move Tool  atau melalui shortcut "m". 
4. Rectangel Tool

Cara menggambar Persegi Panjang:
  1. Klik Rectangel Tool  Rectangle Tool  atau tekan shortcut " R "
  2. Klik untuk menentukan sudut titik awal kemudian pindahkan kursor kearah diagonal kemudian klik untuk menentukan sudut akhir.
  3. Untuk membuat persegi panjang dengan ukuran, klik sudut awal kemudian tuliskan panjang dan lebar dengan format p ; l kemudian tekan enter.
5. Polygon Tool

Cara menggambar polygon:
  1. KLlik polygon Tool Polygon Tool  kursor akan berubah menjadi pensil denagn polygon.
  2. Tulis Segi berapa yang kita inginkan misalnya 6 kemudian tekan enter.
  3. Klik titik pusat polygon kemudian klik jarak jari-jarinya, kita juga juga menulisnya kemudian tekan enter untuk mendapatkan poligon Yang presisi.
6. Freehand Tool

Cara menggambar menggunakan Freehand Tool:
  1. Tool juga akan membuka Freehand 
  2. KLIK Dan Tahan untuk menggambar
Baca selengkapnya

Penggunaan Solid Tool Pada SketchUp

Solid Tool sangat memudahkan kita untuk menggambar, contohnya bila anda ingin memotong benda dengan banda lain maka cara paling mudah adalah menggunakan solid tool ini. tetapi sayangnya solid tool hanya ada pada SketchUp PRO.


Sebelum memulai menggunakan Solid Tool anda perlu mengetahui bahwa tool ini hanya berfungsi pada benda solid, ini berarti anda harus merubah benda yang anda inginkan menjadi Group atau Component. Ada kalanya Grup yang kita buat tidak bisa digunakan, kursor akan muncul lingkaran dicoret dan tulisan not solid.



Anda harus benar-benar memastikan bahwa group yang anda buat adalah solid, caranya klik kanan pada grup tersebut kemudian klik Entity Info. Jika tidak tertera volume maka grup tersebut tidak solid, hal ini bisa terjadi karena di grup tersebut terdapat bidang atau garis yang tidak membentuk solid atau bervolume.




Ada 6 solid tool pada SketchUp:
  • The intersect tool (beroprasi pada dua atau lebih benda padat dan hanya menghasilkan bagian yang tumpang tindih.
  • The subtraction tool (tool ini berfungsi untuk memotong benda. Klik grup 1 untuk memotong kemudian klik grup 2 untuk yang akan dipotong.
  • The trim tool (tool ini sama seperti subtraction tool tetapi group 1 yang kita untuk memotong tidak akan hilang.
  • The slip tool (tool ini mirip dengan intersect tool tetapi group yang kita pilih tidak akan helang.
  • The union tool (berfungsi untuk menggabungkan group tetapi tidak menghapus bagian yang tumpang tindih.
  • The Outer shell tool (fungsinya sama dengan union tool tetapi menghapus bagian yang tumpang tindih.
Untuk mengetahui fungsi lebih lanjut dari Solid Tool anda bisa melihat video di bawah ini:




Baca selengkapnya

Membuat atap pada sketchup

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas cara membuat pintu dan jendela pada sketchup. Kali ini kita akan melanjutkan membuat atapnya Untuk tutorial atap kita akan menggunakan perintah rectangle, push/pull, protractor dan follow me.
tutorial membuat atap bubungan list plak

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Pertama buat plat atap diatas dinding dengan rectangle tool. kemudian push setebal 10cm.

    dak beton atap sketchup
  •  Lalu buat dinding ke atas seperti gambar ssetebal 15cm. 
  • Berikutnya buat bentuk atap sesuai gambar. Garis yang di tengah bisa dihapus karena kita hanya menggunakan bagian pinggir saja.

    • Buat garis pada midpoint lalu buat garis ke atas untuk memudahkan membuat bidang. Lalu buat segi empat dengan tinggi sembarang.
    • Lalu ginakan protractor tool dan buat sudut 35°. caranya klik pada sudut kemudian klik pada garis yang horizontal kemudian tulis 35 lalu enter. kemudia buat garis miring lalu hapus bidang yang tidak perlu sesuai gambar dibawah.
    cara menggunakan tool protractor
     
    • Selanjutnya kita akan menggunakan perintah fillow me. Pertama klik bidang yang dibawah lalu klik tool follow me kemudian klik bidang segitiga. Bentuk atappun mulai terlihat tinggal memperbaiki beberapa bagian.
     
    cara menggunakan tool follow me untuk membuat atap sketchup
     

    • berikitnya buat garis susuai gambar dibawah kenudian hapus bidang yang tidak perlu. maka atap akan terlihat seperti gambar di bawah.
     
     
      
    Demikian tutorial mambuat atap pada sketchup part #1. untuk part berikutnya kita akan memuat list plank dan bubungan pada atap. Jika ada bagian yang tidak anda mengerti silahkan berkomentar di bawah.
Baca selengkapnya